Kisah Keajaiban Sedekah




Suatu ketika, Malaikat Kematian mendatangi Nabi Ibrahim, dan bertanya, “Siapakah anak muda yang mendatangimu, wahai Ibrahim?”

“Anak muda yang tadi maksudnya?” tanya Ibrahim. “Anak muda itu adalah sahabat sekaligus muridku.”

“Ada apa dia datang menemuimu?” tanya Malaikat.

“Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahannya besok pagi,” jawab Ibrahim.

Kemudian Malaikat Kematian bercerita kepada Nabi Ibrahim; “Wahai Ibrahim, sayang sekali, umur anak itu tidak akan sampai besok pagi.”

Setelah berkata seperti itu, Malaikat Kematian pergi meninggalkan Nabi Ibrahim. Hampir saja Nabi Ibrahim tergerak hatinya untuk memberi tahu anak muda tersebut untuk menyegerakan pernikahannya malam ini, dan memberi tahu tentang kematian anak muda itu. Tapi, langkahnya terhenti. Nabi Ibrahim memilih kematian tetap menjadi rahasia Allah.

Esok paginya, Nabi Ibrahim ternyata melihat dan menyaksikan bahwa anak muda tersebut tetap bisa melangsungkan pernikahannya. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun, Nabi Ibrahim malah melihat anak muda ini panjang umurnya. Hingga usianya mencapai 70 tahun.

Nabi Ibrahim kemudian bertanya kepada Malaikat Kematian, apakah dia berbohong tempo hari sewaktu menyampaikan bahwa anak muda itu umurnya tidak akan sampai besok pagi?
Malaikat Kematian menjawab bahwa dirinya waktu dulu memang hendak mencabut nyawa anak muda tersebut, tapi Allah Swt. malah menahannya.

“Apa gerangan yang membuat Allah menahan tanganmu untuk tidak mencabut nyawa anak muda tersebut, waktu dulu?” tanya Ibrahim.

Malaikat Kematian pun menjawab, “Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh dari kekayaannya. Sedekah itulah yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umur anak muda itu, hingga engkau masih melihatnya hidup sampai sekarang.”


MasyaAllah, betapa kisah ini memberikan pelajaran kepada kita akan dampak luar biasa dari sedekah. Moga kita dapat mengambil hikmah di dalamnya. :) 


No comments

Powered by Blogger.