Jangan menyepekan dosa kecil




Pernah seorang teman mengatan bahwa sebuah bukit yang tinggi dan besar adalah kumpulan-kumpulan dari debu dan kerikil kecil. Ya, memang benar adanya bila hal yang besar adalah perkumpulan dari hal yang kecil. Sebuah pernyataan “Seribu langkah bermula dari satu langkah kecil.”

Begitu pula dengan dosa. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil. Terkadang, dosa kecil sering diabaikan karena beranggapan bahwa hal itu adalah hal yang lumrah. Misalnya dengan mengejek teman, berkata buruk, berbohong dan hal lain yang dianggap sepele. Namun, ada sebuah pepatah yang menyatakan “Sedikit-demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit”, begitu pun dengan dosa kecil yang dilakukan terus menerus dengan kesadaran dan anggapan sepele, lama-lama akan menjadi besar.


Mengenai hal ini, Rasulullah Saw. telah mengingatkan pada umatnya agar bersikap waspada. Beliau bersabda,

“Awaslah kalian dari dosa-dosa kecil yang biasa diremehkan, sebab itu semua dapat terkumpul sehingga dapat membinasakan orangnya. Perumpamaannya seperti suatu kaum (rombongan) yang turun berkemah di hutan dan ketika tiba waktunya makan, tiap orang keluar mencari lidi serta dahan pohon. Setiap orang mendapatkan satu dahan, sehingga terkumpul banyak dan dinyalakan api yang dapat memasak makanan.” (HR Ahmad)

*a reminder for my self 

No comments

Powered by Blogger.